Tentang
Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Merupakan Program keahlian pada Bidang Bisnis dan Manajemen dengan konsentrasi Keahlian Manajemen Perkantoran, membekali siswa pada kegiatan perkantoran dan ketatausahaan berbasis ICT. Menekankan pada keterampilan pengelolaan administrasi dalam suatu instansi dan mahir dalam melaksanakan tugas : Sekertariat junior, Public Relation, Arsiparis, Typing, Resepsionis, MC dan Wirausahawan yang tangguh dengan sikap Bermartabat, Berkualitas dan Terpercaya.
Tujuan
Secara umum tujuan program keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis adalah menciptakan sumber daya manusia tingkat menengah yang kompeten, berakhlak mulia, berkaraktek dan memiliki daya saing. Adapun tujuan khususnya adalah:
- Menyelenggarakan pendidikan dan Keterampilan yang mengutamakan kedispilinan, kejujuran, berjiwa wira usaha, sikap professional sehingga memiliki kecapakan hidup yang mumpuni.
- Menghasilkan lulusan yang bertaqwa, berakhlak mulia, produktif, adaptif, kreatif dan inovatif di bidang Bisnis Manajemen khususnya program keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis.
- Menghasilkan tenaga kerja tingkat menengah yang kompeten, profesional dan memiliki daya saing tinggi dibidang manajemen perkantoran dan logistik untuk siap bersaing baik secara lokal dan nasional maupun internasional.
- Menghasilkan tamatan yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar tenaga kerja di manajemen perkantoran dan logistik untuk siap bersaing baik secara lokal dan nasional maupun internasional.
- Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam bidang manajemen perkantoran dan logistik.
- Menjalin kerjasama yang erat dan saling menguntungkan dengan DUDIKA untuk pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) peserta didik guna meningkatkan ketrampilan dan kemampuan siswa.
- Menjadikan program keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis sebagai pusat pendidikan dan pelatihan, tempat uji kompetensi dan sertifikasi kompetensi keahlian
Kompetensi
- Teknologi Perkantoran
- Korespondensi
- Kearsipan
- Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian
- Otomatisasi Tata Kelola Keuangan
- Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana
- Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan
- Mengembangkan Produk Kreatif dan Kewirausahaan
Prospek Kerja
Tamatan atau lulusan Kompetensi Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis ini memiliki bidang pekerjaan yang dapat dilakukan adalah:
- Staf Administrasi
- Resepsionis
- Operator Telepon
- Asisten Sekretaris
- Operator Komputer